Pages

Thursday, October 11, 2012

Organisasi Non-Profit

Non-Profit Organizations
BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
     Pada dasarnya, manusia adalah makhluk zoon politicon/makhluk sosial yang selalu bergantungan pada orang lainnya satu sama lain. Dari hasrat tersebut, maka manusia secara insting saling berkumpul dalam suatu kelompok yang memiliki tujuan bersama yang mereka sebut organisasi.
     Organisasi adalah sekumpulan orang/manusia yang memiliki tujuan bersama. Organisasi menurut tujuannya dibagi menjadi 2, yaitu ; Organisasi Profit dan Organisasi Non Profit.
     Organisasi non profit atau biasa disebut juga organisasi nirlaba adalah suatu organisasi yang berorientasi BUKAN pada pencarian keuntungan/laba. Kebalikan dari organisasi non profit adalah Organisasi Profit yaitu organisasi yang berorientasi mencari keuntungan/laba. Karakteristik lainnya yang membedakan antara organisasi profit dan non profit adalah pada sistemnya, yaitu kalau pada organisasi profit seluruh anggota kelompok/organisasi mencari dana untuk mendapatkan laba, sedangkan organisasi non profit donasi sepenuhnya untuk layanan sosial, contohnya : organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, dll.

RUMUSAN MASALAH
   - Apa itu Organisasi Non Profit?
   - Bagaimana cara Organisasi Non Profit dapat bekerja?
   - Organisasi Non Profit yang ada di Indonesia?

TUJUAN PENULISAN
   - Memberi pemahaman tentang Organisasi Non Profit
   - Menjelaskan perbedaan Organisasi Profit dan Non Profit

BAB II
TEORI

Pengertian Organisasi Non Profit :
"Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter). Organisasi nirlaba meliputi gereja, sekolah negeri, derma publik, rumah sakit dan klinik publik, organisasi politis, bantuan masyarakat dalam hal perundang-undangan, organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, asosiasi profesional, institut riset, museum, dan beberapa para petugas pemerintah." - Wikipedia, Organisasi Non Profit
"Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal didalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba." - Sri Sari Wanti dan Martina Estrely

Organisasi Non Profit Bekerja :
     Berbeda dengan organisasi profit yang sumber pendanaan kegaitan operasionalnya berasal dari laba, pendanaan organisasi nirlaba dapat berasal dari para penyumbang yang tidak mengharapkan pembayaran kembali atau manfaat ekonomi yang sebanding dengan jumlah sumber daya yang diberikan. Beberapa sumber pendanaan organisasi nirlaba, antara lain: sumbangan masyarakat, APBD/APBN, lembaga donor lokal, lembaga donor internasional, lembaga pembangunan internasional, melalui kerja sama program/project dengan lembaga lain, atau melalui unit usaha organisasi itu sendiri (fundraising).
    
     Karena sifat pekerjaan dan sumber pendanaan yang unik inlah, setiap pekerja yang bekerja di sektor nirlaba bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dana yang ada digunakan secara efektif. Ada beberapa isu yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan lembaga nirlaba, antara lain: bagaimana mengelola pendanaan untuk menjalankan program dan mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang disepakati dengan pihak donor; juga bagaimana lembaga nirlaba ini dapat menyisihkan sebagian dananya untuk membayar berbagai keperluan operasional seperti pembayaran gaji, tagihan, pajak, dan sebagainya.

BAB III
MATERI

     Di Indonesia, Organisasi Non Profit berkembang dengan pesat. Hal ini tidak semata-mata karena trend sementara melainkan orang Indonesia yang berbudaya timur dan senang membantu orang lain. Banyak yang ingin menjadi sukarelawan di Indonesia, banyak buruh yang merasa senasib dan membuat organisasi non profitnya sendiri dan lain-lain. Salah satu organisasi non profit yang sudah berkembang pesat di Indonesia adalah Karang Taruna.
Karang Taruna
"Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial." - Wikipedia, Karang Taruna
     Adanya Karang Taruna di Indonesia diharapkan meningkatkan rasa kesadaran atas status manusia yaitu saling berkomunikasi dalam organisasi dan saling membantu sesamanya sehingga dapat meningkatkan pula kualitas negara Indonesia menjadi lebih baik.

Sumber :
Gambar :
Materi :

No comments:

Post a Comment